Gabung & dapatkan informasi terbaru seputar website

Pengertian LAN, MAN, dan WAN dan Cara Kerjanya

Mungkin selama ini Anda pernah mendengar tentang LAN, MAN dan WAN. Dari masing-masing bagian memiliki fungsi tertentu. Sehingga dari sistem koneksi jaringan yang sering kita dengar adalah LAN, namun bagaimana dengan MAN dan WAN?

Pengertian dari LAN, MAN, dan WAN dan Cara Kerjanya
Pengertian dari LAN, MAN, dan WAN dan Cara Kerjanya

Bisa dipastikan masyarakat masih butuh informasi seputar apa saja fungsi dari LAN, MAN dan WAN. Sedangkan dari perkembangan teknologi pendukungnya juga sudah banyak dinikmati di berbagai sektor. Tidak heran, bila beberapa bidang perusahaan besar masih menggunakan sistem LAN, MAN dan WAN tersebut.

Secara teknisnya, LAN dan MAN serta WAN ini masih memiliki perbedaan. Tetapi ketiganya saling berakaitan dan fungsinya sudah bisa kita rasakan dengan beberapa keunggulan lain yang sudah dirasakan untuk skala lebih luas.

Pengertian LAN, MAN dan WAN

Kita bisa melihat bahwa ada sejumlah komponen penting membuat MAN, WAN, dan LAN ini banyak diakses oleh semua kalangan. Tidak heran, bila sekarang beberapa sistem koneksi internet dan jaringan di perusahaasn besar masih mengandalkan ketiga komponen tersebut. Berikut ada beberapa pengertian dari MAN, LAN dan WAN

Pengertian LAN dan Cara Kerjanya

LAN atau dikenal dengan Local Area Network banyak dihadirkan untuk jaringan komputer yang nantinya masih mencakup seputar wilayah lokal saja. Maka dari itu, penggunaan jaringan LAN ini masih cenderung digunakan pada satu area saja.

Sistem kerja dari LAN bisa digunakan perangkat ke koneksi internet menggunakan beberapa perangkat jaringan sederhana. Maka dari itu, penggunaan LAN ini masih cenderung terkoneksi dengan kabel UTP dan router sampai switch dan berbagai komponen lainnya agar tetap berjalan maksimal.

Penggunaan LAN bisa kita lihat pada akses jaringan komputer yang saling terhubung dalam satu ruang seperti di sekolah, perusahaan, warnet, dan beberapa tempat lainnya. Sedangkan dari keunggulan penggunaan LAN sendiri memiliki pengeluaran lebih murah, bahkan tidak membutuhkan komponen kabel.

Sedangkan dari penggunaan jaringan LAN tidak perlu operator telekomunikasi sehingga dari pembuatan jaringan LAN terbilang mudah. Namun ada kerugian dari penggunaan jaringan LAN ini salah satunya cakupan wilayah koneksinya terbatas.

Sehingga dari penggunaan LAN ini cenderung dipakai untuk satu cakupan area saja, tidak bisa lebih luas dan dari perangkat pendukungnya juga tidak terlalu banyak.

Baca jugaPengertian dan Perbedaan Internet dan Intranet

Jaringan MAN

Mungkin Anda masih asing dengan istilah jaringan MAN ataupun Metropolitan Area Network. MAN sendiri menjadi satu jenis jaringan komputer yang cakupan areanya lebih luas dibanding LAN. Sedangkan dari penggunaan teknologi yang lebih canggih juga bisa dihadirkan dalam berbagai jenis jaringan LAN.

Sehingga jaringan MAN ini bisa dikatakan memiliki cakupan area lebih luas karena sering digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer dengan area kota lebih luas. Pembuatan jaringan MAN ini butuh operator telekomunikasi sehingga bisa dihubungkan antar jaringan komputer.

Keunggulan jaringan MAN sendiri bisa mencakup area lebih luas dibandingkan LAN. Kemudian dari efisiensi hingga jaringan lebih sederhana bisa dirasakan ketika Anda menggunakan tipe MAN. Namun masih ada kerugian penggunaan jaringan MAN yang mana terbilang riskan dirusak oleh seseorang yang kemungkinan menginginkan keuntungan pribadi.

Jaringan WAN

Mengenal jaringan WAN atau dikenal sebagai Wide Area Network juga banyak dihadirkan dengan beberapa keunggulan. Akan tetapi WAN ini menjadi satu jaringan komputer yang mampu mencakup berbagai daerah lebih luas berbekal teknologi canggih lebih baik dibanding LAN dan MAN.

Fungsi dari jaringan WAN sendiri bisa diandalkan untuk menghubungkan jaringan lebih luas terutama antar negara. Sehingga dari cakupan areanya lebih luas, sampai akhirnya penggunaan kabel fiber optik dipilih sebagai solusi untuk tetap terhubung ke dalam satu jaringan.

Kemudian dari keunggulan jaringan WAN ini cukup menarik, salah satunya cakupan daerahnya lebih luas. Ditambah lagi penggunaan teknologi canggih juga sudah dihadirkan sehingga akan ada beberapa koneksi lebih mudah terhubung antar negara.

Sedangkan dari kekurangan WAN ini adalah dari sisi keamanan masih butuh biaya operasional lebih besar. Apalagi penggunaan fiber optik juga memakan biaya besar dari sisi operasional dan aspek lainnya.

Jadi antara LAN, MAN dan WAN memiliki fungsi masing-masing. Kemudian dari segi pengalaman penggunaannya juga masih bisa dimaksimalkan dengan beberapa fitur terbaik lainnya.

About the Author: darhostmedia

Darhostmedia merupakan penyedia layanan Hosting dan Domain untuk personal, institusi, maupun pemerintahan. Kami berkomitmen untuk terus meyediakan layanan terbaik dan juga harga yang terjangkau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *