Gabung & dapatkan informasi terbaru seputar website

Ini Dia Perbedaan Shared Hosting, Cloud Hosting, VPS dan Dedicated Server

Apakah Anda sedang bingung mencari layanan penyimpanan dan pengelolaan file website yang tepat? Jika iya, maka perlu mengetahui terlebih dahulu perbedaan shared hosting, cloud hosting, VPS dan dedicated server.

Perbedaan Shared Hosting, Cloud Hosting, VPS dan Dedicated Server
Perbedaan Shared Hosting, Cloud Hosting, VPS dan Dedicated Server

Mengenal Macam-macam Web Hosting dan Perbedaannya

Hosting adalah sebuah tempat untuk menyimpan data-data yang diperlukan oleh website seperti script, gambar, video, database, aplikasi dan lain sebagainya. Layanan tersebut dapat dikelola serta diakses melalui internet.

Menurut penggunaannya, terdapat beberapa macam layanan. Anda dapat memilihnya sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Ulasan berikut akan membahas tentang perbedaan shared hosting, cloud hosting, VPS dan dedicated server:

1. Shared Hosting

Shared hosting merupakan layanan paling basic yang memungkinkan satu akun dapat digunakan oleh banyak user sekaligus. Para penggunanya dapat saling berbagi kapasitas dan resource server secara bersama-sama.

Layanan ini adalah salah satu jenis hosting yang paling cocok untuk para pemilik website pemula. Berikut adalah beberapa keunggulan dan kelemahannya:

• Keunggulan Shared Hosting

Shared hosting memiliki harga yang relatif murah dan terjangkau dibandingkan layanan lain. Pembaruan, keamanan dan pengelolaan server dilakukan oleh pihak penyedia layanan hosting dengan maksimal.

Begitu pula dengan control panel yang dimiliki oleh shared hosting lebih simpel dan mudah untuk digunakan semua pemakai.

• Kelemahan Shared Hosting

Kelemahan darinya yakni akses shared hosting seringkali lambat dan mengalami server down. Terdapat batasan sumber daya dan penggunaan sehingga resource server tidak terbagi rata. Terkadang jika salah satu server mengalami gangguan, pengguna lain juga akan terkena dampaknya secara bersamaan.

2. Cloud Hosting

Jenis hosting ini, memiliki sistem pengelolaan dengan cara menempatkan semua data situs pengguna pada sebuah cloud. Jadi, file-file user kini tidak lagi disimpan pada sebuah server fisik, melainkan virtual.

Cloud hosting menerapkan prinsip gotong royong antar servernya. Berikut adalah beberapa keunggulan dan kelemahan dari layanan tersebut:

• Keunggulan Cloud Hosting

Cloud hosting lebih aman dari permasalahan server karena memiliki sistem backup. Di sisi lain, juga memungkinkan penambahan sumber daya dengan lebih fleksibel. Serta, pengelolaan cloud hosting lebih hemat biaya dan tenaga serta tidak terlalu membutuhkan kemampuan teknis.

• Kelemahan Cloud Hosting

Adapun kelemahannya yakni cloud hosting memiliki harga yang lebih mahal daripada shared hosting. Kedua, kurang memiliki perlindungan privasi karena semua data tersimpan secara terpusat pada satu server utama.

3. Virtual Private Server (VPS)

VPS merupakan layanan teknologi yang memungkinkan satu server bisa terbagi menjadi beberapa bentuk virtual melalui sebuah software. Di dalamnya juga dapat diinstall berbagai macam sistem operasi mandiri.

VPS hampir mirip dengan shared hosting, perbedaannya hanya terletak pada sistem pembagian resource. Berikut adalah keunggulan dan kelemahan dari virtual private server:

• Keunggulan VPS

VPS memiliki IP public khusus dan servernya lebih stabil. Bahkan, tingkat keamanan dari VPS lebih terjamin karena konfigurasinya dikelola secara penuh oleh pemilik. Selain itu, juga memungkinkan Anda mendapat akses ke root untuk melakukan pengaturan bebas sesuai keinginan.

• Kelemahan VPS

Pertama, VPS memiliki biaya yang lebih mahal dari shared dan cloud hosting. Pengguna VPS harus memahami tentang sistem operasi Linux dan manajemen perangkat dari VPS cukup rumit.

4. Dedicated Server

Dedicated server merupakan sebuah layanan hosting yang memberi penawaran penggunaan server hanya kepada seorang pengguna. Dengan layanan tersebut, Anda akan mendapatkan akses secara utuh.
Dedicated server juga merupakan layanan dengan kasta tertinggi pada web hosting. Berikut adalah keunggulan dan kelemahannya:

• Keunggulan Dedicated Server

Dedicated server memungkinkan akses 100% dan tidak terbagi-bagi. Juga memiliki performa kerja yang lebih tinggi daripada hosting lainnya serta memberikan IP unik atau khusus untuk tiap penggunanya sehingga privasi menjadi lebih aman.

• Kelemahan Dedicated Server

Dedicated server memiliki biaya sewa paling mahal diantara hosting lainnya. Berikutnya, pengaturan, perbaikan dan perawatan dedicated server lebih sulit daripada hosting lain.
Berdasarkan ulasan di atas, tentunya kini pembaca telah mengetahui perbedaan shared hosting, cloud hosting, VPS dan dedicated server. Semoga informasi tersebut dapat membantu Anda memilih layanan server yang tepat.

Bagi anda yang membutuhkan hosting murah Berkualitas bisa didapatkan di Darhostmedia. Kami selalu mengedepankan rasa puas klien dan tercapainya tujuan serta kesuksesan dari website klien. Berbagai jenis layanan hosting dan registrasi domain bisa anda dapatkan di Darhostmedia dengan harga yang terjangkau dan tim teknis bantuan yang ramah.

You May Also Like

About the Author: darhostmedia

Darhostmedia merupakan penyedia layanan Hosting dan Domain untuk personal, institusi, maupun pemerintahan. Kami berkomitmen untuk terus meyediakan layanan terbaik dan juga harga yang terjangkau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *