Penjelasan Proxy Server, Jenis, Fungsi dan Cara Kerjanya

Proxy dan server menjadi salah satu layanan yang membuat permintaan user ke setiap server bisa lebih cepat. Komposisi koneksi internet memiliki prosedur cukup rumit. Sehingga dari proxy server ini memiliki beberapa jenis serta fungsinya juga dianggap efektif.

Penjelasan Proxy Server, Jenis, Fungsinya dan Cara Kerjanya
Penjelasan Proxy Server, Jenis, Fungsinya dan Cara Kerjanya

Pengertian Proxy Server

Proxy server merupakan salah satu program komputer yang mana fungsinya mampu menjadi penghubung antara sebuah komputer dengan koneksi internet. Itulah mengapa proxy server ini bisa digunakan untuk berbagai keperluan, salah satunya memaksimalkan fitur koneksi internet dengan mudah.

Rata-rata penggunaan proxy server ini biasa berbentuk aplikasi server dengan beberapa fitur aplikasi client terbaik. Maka dari itu, aplikasi client inilah yang membuat web browser bisa lebih mudah dijalankan hingga pemakaian proxy server selalu bisa dimaksimalkan dengan cara kerja lebih tepat.

Baca jugaPenjelasan Web server: Pengertian, Jenis dan Fungsinya

Jenis Proxy Server

Mungkin Anda masih belum mengetahui seperti apa jenis dari proxy server yang selama ini banyak diakses dengan tujuan tertentu. Maka dari itu, ada empat jenis proxy server sering dipakai dan selama ini masih menjadi opsi penting untuk menyambungkan komputer dengan jaringan internet.

1. High Anonymity Proxy

Pertama ada jenis proxy server yang ternyata tidak menyediakan alamat IP original. Biasanya proxy satu ini banyak digunakan sebab memiliki header REMOTE_ADDR yang sering dikenal dengan alamat IP ke proxy server. Maka dari itu, pengguna bisa melihat kembali proxy server pada jenis ini memiliki ciri khas berbeda dari jenis lainnya.

2. Reverse Proxy

Berikutnya ada jenis proxy server reverse yang mana bisa dipakai untuk cegah klien terhubung dengan sebuah data sensitif. Karena itulah pada caching beberapa jenis proxy termasuk reverse ini bisa membuat trafik jaringan justru turun namun bisa meningkatkan keamanan data informasi.

3. Proxy Transparan

Cukup banyak jenis dari proxy server yang mana kerap mendatangkan hasil dan fungsi cukup penting. Karena itu jenis proxy transparan ini juga menjadi salah satu jenis proxy yang memudahkan pengguna untuk mengungkap informasi dari satu komputer. Rata-rata proxy transparan ini digunakan untuk keperluan perkantoran.

4. Proxy Anonim

Jenis proxy anonim juga banyak digunakan karena mampu memberi informasi mengenai komputer pengguna. Anda sebagai pengguna dapat request hanya digunakan pada satu website, ditambah di dalam website tak mengenal alamat IP pribadinya. Sehingga hanya tahu soal IP proxy saja.

Baca jugaPenjelasan DNS: Pengertian, Jenis dan Fungsi Lengkap

Fungsi Proxy Server

Ada banyak penambahan fitur terbaik di dalam proxy server terbaik. Namun, ada beberapa fungsi yang seharusnya bisa dimaksimalkan oleh pengguna. Sampai akhirnya proxy server ini dapat diandalkan dalam beberapa situasi.

1. Fungsi Filtering

Pertama ada fungsi filtering yang mana dilengkapi dengan firewall hingga mampu melakukan pemblokiran dari beberapa alamat IP yang diinginkan. Karena itulah ada beberapa website yang tidak bisa diakses menggunakan proxy, sehingga sudah sesuai dengan fungsi proxy yakni membuat filter.

2. Fungsi Connecting Sharing

Berikutnya fungsi proxy server juga bisa mencakup akses connecting sharing. Connecting sharing akan jadi manfaat penting karena semua hal seputar cara untuk share, kemudian beberapa fitur tambahan di dalamnya dengan akses tingkat keamanan tinggi masih bisa dirasakan pengakses.

3. Fungsi Caching

Terakhir ada fungsi proxy server caching yang mana menjadi salah satu proxy dengan media penyimpanan di sebuah website kemudian ada beberapa prosedur permintaan akses user di dalamnya. Karena itu, penggunaan proxy dengan fungsi caching ini harus berdasarkan permintaan user dahulu barulah bisa digunakan.

Baca jugaMari Mengenal Pengertian LAN, MAN, dan WAN dan Cara Kerjanya

Cara Kerja Proxy Server

Segala macam kemungkinan untuk memaksimalkan penggunaan proxy server masih bisa dikembangkan sampai sekarang. Maka dari itu, cara kerja dari proxy server ini masih terus mendatangkan keuntungan bagi user.

Cara kerja proxy server cukup sederhana yakni user memakai layanan sebuah proxy lalu meminta file ataupun data di dalam public server, kemudian proxy bertugas menghantarkan data ke internet dengan gambaran proxy yang meminta data. Dari sinilah proxy beri respon ke user sehingga menjadi satu bagian publik server user.

Kegunaan hingga cara kerja proxy server ternyata mudah untuk dipahami dan digunakan. Karena itulah Anda bisa mencoba menggunakan proxy server yang semuanya bisa mengandalkan beberapa fitur terbaik yang selalu bisa membuka banyak kemudahan.

Mari Langganan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *