Penjelasan Domain: Pengertian, Jenis dan Manfaat lengkapnya

Saat ini hampir semua informasi tersedia dalam suatu website, tidak heran jika masyarakat luas juga harus paham tentang berbagai unsur-unsurnya. Apabila Anda ingin membuat situs pribadi, kiranya penjelasan domain sangat penting untuk dipahami. Sebab, hal tersebut mempunyai peran vital sebagai ciri khas dari kepemilikan.

Penjelasan Domain: Pengertian, Jenis dan Manfaat
Penjelasan Domain: Pengertian, Jenis dan Manfaat

Apa Itu Domain?

Domain dapat dijelaskan sebagai nama unik yang digunakan untuk menamai alamat website atau server pada jaringan internet. Tujuannya yakni memudahkan user dalam mengingat tanpa melibatkan nomor IP nya.

Domain juga seringkali difungsikan oleh pemiliknya untuk mengalihkan situs-situs internet, dengan tujuan agar user bisa berpindah laman internet berbeda secara otomatis. Biasanya, untuk memaksimalkan kinerjanya dipasanglah backlink untuk media penghubung.

Anda bisa mendapatkannya di layanan registrasi domain kami. Untuk harganya sendiri bervariasi, disesuaikan dengan penyimpanan yang dibutuhkan.

Macam-macam Domain

Di luar dari penjelasan domain, macam-macamnya juga perlu untuk diulas lebih mendalam karena berkaitan dengan tujuan atau fungsi spesifiknya. Berikut ulasannya:

1. Generic Top Level Domain

Generic Top Level merupakan sebuah domain yang dibuat dengan tujuan khusus untuk sebuah bidang pekerjaan tertentu dan tidak didasarkan pada kode negaranya secara spesifik.
Adapun, contoh-contoh dari domain tersebut yakni .mil untuk institusi militer, .edu untuk situs resmi yang bergerak pada bidang Pendidikan, .gov merupakan singkatan dari government dalam mengindikasikan situs lembaga pemerintaha, dan .org untuk sebuah situs organisasi.

2. Top Level Domain

Sesuai dengan namanya, Generic Level Domain merupakan jenis yang paling sering digunakan oleh para pengelola website di jaringan internet. Ia dikelola oleh organisasi resmi Assigned Numbers Authority.
Adapun contoh-contoh domain yang digunakan di sini yakni .com untuk website komersial, .edu jika merupakan situs pendidikan, .net bagi layanan internet, serta .org jika laman internetnya adalah milik organisasi tertentu.

3. Second Level Domain

Second Level adalah sebutan dari sebuah domain, dimana tingkat kepopulerannya berada satu tingkat di bawah top level domain. Simbol-simbolnya mengindikasikan ciri khas tersendiri dari berbagai macam institusi di dunia. Contoh dari second level domain sebagai berikut:

  • .ac.uk merupakan domain yang digunakan untuk sebuah civitas akademik perguruan tinggi di Inggris.
  • .ac.id merupakan domain yang digunakan untuk situs website sekolah di Indonesia.
  • .gov.uk merupakan domain yang digunakan oleh sebuah website pemerintahan di Inggris.

4. Sub Domain

Berbeda dengan jenis-jenis yang lain, di dalam sub domain ini tidak ada kewajiban bagi seorang penggunanya untuk menambahkan sendiri nama yang mengindikasikan ciri khas dari institusi atau keperluan mereka.

Di dalam sub domain tersebut diperbolehkan untuk memanfaatkan identitas asli dari sebuah aplikasi website atau sosial medianta. Contoh dari penerapan hal tersebut yakni developers.facebook.com dan Support.google.com.

Beragam Manfaat Domain

Disadari atau tidak, domain akan memberikan manfaat tertentu khususnya pada konten-konten yang Anda upload di website. Hal ini dapat berkaitan dengan larisnya produk penjualan maupun seringnya kunjungan user pada suatu situs internet tertentu. Berikut di antaranya:

1. Menghubungkan Penjual dan Pelanggan dengan Mudah

Karena domain bersifat mudah diingat oleh user yang mengunjungi website, maka pengunjung pun akan secara lebih mudah dalam menandai ciri khas dari laman sebuah produk jualan ataupun toko online milik Anda dan beragam kelompok sosial lainnya.

Dengan adanya fenomena tersebut, maka domain ini menjadi salah satu perantara yang memudahkan interaksi antara penjual dan pembeli dalam melakukan transaksi atau pembelian suatu produk tertentu menggunakan simbol masing-masing.

2. Mengintegrasikan Website dengan Media Sosial

Jika Anda memperhatikan tentang fungsi dari sub domain, maka hal tersebut sangat berguna untuk mengintegrasi atau menghubungkan antara website dengan media sosial, seperti halnya Facebook, Instagram, Line, Twitter, Path dan lain semacamnya.

Dengan pengintegrasian hal mudah tersebut, promosi atau pengiklanan dari website ke dalam sosial media dapat dilakukan secara instan dengan hanya satu kali klik saja tanpa ribet sedikitpun. Hal ini tentunya sangat menguntungkan pemiliki usaha atau website.

Demikianlah penjelasan domain beserta manfaatnya bagi Anda. Kiranya informasi tersebut semakin menambah wawasan para pembaca sekalian.

Bagi anda yang membutuhkan domain murah terpercaya bisa anda membeli di Darhostmedia. Kami selalu mengedepankan rasa puas klien dan tercapainya tujuan serta kesuksesan dari website klien. Berbagai jenis layanan hosting dan registrasi domain bisa anda dapatkan di Darhostmedia dengan harga yang terjangkau dan tim teknis bantuan yang ramah.

Mari Langganan!

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *