Gabung & dapatkan informasi terbaru seputar website

Penjelasan Hosting: Pengertian, Jenis dan Manfaat Lengkapnya

Jika ingin mendalami dunia internet terutama dalam pembuatan website, tentu saja harus mempelajari hal penting seperti penjelasan hosting, domain, SEO, backlink dan masih banyak lagi. Selain agar memahaminya dengan baik, juga supaya dapat mengaplikasikan sesuai ilmunya.

Penjelasan Hosting

Pengertian hosting adalah sebuah layanan dengan menggunakan internet yang berfungsi sebagai tempat menyimpan data serta menjalankan aplikasi. Menjalankannya dengan informasi berbentuk HTTP, FTP, email, serta DNS.

Secara singkat ialah tempat-tempat berbasis HTML, FTP, DNS atau email yang digunakan untuk menyimpan berbagai data berupa gambar, tulisan, video, kode pemrograman dan lain-lain. Penyedianya disebut dengan provider hosting menyewakan pada perorangan atau kelompok.

Jenis-jenis Hosting

Setelah memahami penjelasan hosting, kemudian mengenal tentang jenis-jenis. Terbagi menjadi lima secara umum namun masih terdapat yang lain tapi jarang digunakan. Berikut penjelasan singkatnya:

1. Shared Hosting

Shared hosting diartikan dengan pembagian sumber daya oleh beberapa website. Jenis ini sering ditemui pada penyedia layanan tersebut karena harga lebih terjangkau dibanding lainnya. Cocok digunakan untuk penggunaan laman online bagi blog dan situs sederhana, seperti untuk portofolio.

Kelebihannya ialah memiliki berbagai pengaturan, control panel lebih mudah dioperasikan oleh pemula, serta maintenance dan administrasi server diatur oleh penyedia hosting. Kekurangan yang menonjol ialah jika website lain memiliki traffic tinggi akan mempengaruhi kinerja laman milik sendiri.

2. Cloud Hosting

Cloud hosting memungkin Anda untuk menyimpan berbagai data pada beberapa server sehingga ketika mengalami gangguan dapat tetap berjalan seperti biasa dengan memindahkan pada lainnya. Memiliki harga lebih mahal dibandingkan dengan jenis shared.

Kelebihan dari hosting jenis ini ialah tidak terjadi downtime dikarenakan menggunakan beberapa tempat. Selain itu pemilik tidak perlu mengelola server sendiri karena bersifat fully managed. Namun sayangnya, pengguna harus mengeluarkan biaya lebih banyak serta tidak diberi akses untuk konfigurasi server.

3. Managed WordPress Hosting

Managed WordPress hosting merupakan jenis shared yang dibuat khusus untuk pengguna blog tersebut. Dilengkapi dengan plugin khusus seperti masalah cache serta keamanan. Kelebihannya menjadikan laman lebih cepat serta fitur-fitur tambahan, misalnya tema pre-designed, tool developer dan lain-lain.

Kelebihan dari hosting ini ialah memiliki harga yang murah seperti jenis shared, bisa digunakan oleh pemula, serta penggunaannya terintegrasi dengan website dari WordPress. Kekurangan terdapat pada hanya bisa digunakan pada blog tertentu sehingga tidak dapat digunakan pada laman lain.

4. VPS Hosting

VPS atau Virtual Private Hosting memungkinkan pengguna untuk menggunakannya dengan cara berbagi seperti pada jenis shared namun penyedia akan memberikan beberapa bagian khusus. Anda dapat melakukan konfigurasi sendiri seperti pada jenis dedicated.

Beberapa kelebihan ialah memiliki space tersendiri meskipun sama seperti shared, tidak terpengaruh meskipun terdapat website lain bertraffic tinggi, dan dapat mengelola konfigurasi sendiri. Namun, memiliki kekurangan yaitu lebih mahal serta harus menguasai berbagai hal tentang manajemen server.

5. Dedicated Hosting

Dedicated mengkhususkan sebuah hosting hanya untuk satu situs saja dan bersifat sangat fleksibel. Pengguna dapat melakukan berbagai pengaturan seperti konfigurasi sistem operasi, software dan hampir keseluruhan aspek sesuai kebutuhan.

Kelebihan dari hosting jenis ini ialah memiliki akses dari root secara langsung, lebih aman serta tidak perlu berbagi dengan situs lain. Namun, kekurangannya ialah memiliki harga paling mahal dan harus digunakan oleh pengguna yang sudah memahami konfigurasi serta pengelolaan server.

Manfaat Hosting

Manfaat menggunakan hosting untuk website tentu saja sebagai salah satu solusi penyimpanan praktis menggunakan internet. Dengan begitu dapat mengakses kapan saja asalkan masih terhubung. Tak hanya itu, pengguna juga dapat melakukan pengaturan dengan mudah melalui control panel.

Selain itu, dengan menggunakan server Anda tidak perlu harus mengaturnya sendiri melainkan dibantu oleh pihak lain yang berpengalaman di bidang ini. Tak hanya hemat waktu, pengguna juga dapat menekan pengeluaran tanpa harus membeli banyak tempat penyimpanan tertentu.

Mengetahui penjelasan singkat mengenai hosting dapat menjadikan Anda memahami hal paling dasar mengenai pembuatan website. Tak hanya itu, juga dapat dijadikan acuan saat hendak memilih salah satu jenis server yang ingin digunakan.

Demikian penjelasan singkat mengenai pengertian, jenis, serta manfaat dari penjelasan hosting. Semoga dapat dijadikan referensi bagi siapa saja yang membutuhkan.

Bagi anda yang membutuhkan hosting murah Berkualitas bisa didapatkan di Darhostmedia. Kami selalu mengedepankan rasa puas klien dan tercapainya tujuan serta kesuksesan dari website klien. Berbagai jenis layanan hosting dan registrasi domain bisa anda dapatkan di Darhostmedia dengan harga yang terjangkau dan tim teknis bantuan yang ramah.

You May Also Like

About the Author: darhostmedia

Darhostmedia merupakan penyedia layanan Hosting dan Domain untuk personal, institusi, maupun pemerintahan. Kami berkomitmen untuk terus meyediakan layanan terbaik dan juga harga yang terjangkau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *