Mengenal Apa itu Revolusi Industri 4.0

Sering kita mendengar kata-kata revolusi industri 4.0. Masih banyak yang belum paham mengenai apa itu revolusi industri 4.0. Kita semua tahu di zaman modern ini segala sesuatu dikerjakan menggunakan mesin dan juga teknologi yang canggih. Bekerja dengan bantuan mesin dan teknologi akan menghemat waktu, dan menghemat tenaga.

Apa itu Revolusi Industri 4.0
Apa itu Revolusi Industri 4.0

Apa itu Revolusi Industri 4.0

Revolusi industri 4.0 adalah sebuah fase dimana terjadi perubahan dalam kegiatan produksi barang dengan memanfaatkan teknologi dn mesin sebagai tenaganya. Revolusi industri 4.0 terbukti dapat memberi efisiensi dalam memproduksi barang.

Menggabungkan teknologi cyber canggih dengan pekerjaan manusia akan menghasilkan suatu industri yang mumpuni sesuai dengan tuntutan zaman. Di zaman modern ini segala sesuatu harus dikerjakan secara cepat. Sebab kebutuhan manusia juga semakin banyak oleh karena itu dibutuhkan apa itu revolusi industri 4.0. Untuk mewujudkannya hanya bisa dengan cara mengaplikasikan teknologi canggih pada industri.

Dunia industri juga didukung oleh sistem informasi yang cepat. Dengan mengandalkan layanan internet kita bisa mencari informasi sebanyak-banyaknya dengan waktu yang cepat sehingga bisa menghemat waktu dan tenaga. adanya revolusi industri 4.0 membantu manusia untuk mendapatkan sesuatu tanpa harus keluar banyak tenaga, uang, atau waktu.

Dampak Revolusi Industri 4.0

Penerapan revolusi industri 4.0 memberi banyak sekali dampak positif bagi kehidupan manusia. Meskipun juga memberi dampak dari buruk buat manusia. Digantikannya peralatan industri dengan dengan teknologi dan mesin-mesin canggih, membuat banyak perusahaan tidak membutuhkan banyak tenaga manusia. Sehingga jumlah pengangguran juga meningkat.

Revolusi industri 4.0 tidak hanya memberi dampak pada bidang sosial saja tetapi juga bidang lainnya. Untuk lebih jelasnya silakan simak penjelasan mengenai dampak revolusi industri 4.0 di bawah ini.

1. Dampak Sosial

Di era modern, industri yang sebelumnya banyak menggunakan tenaga manusia untuk menggerakkan, diganti menggunakan teknologi mesin sebagai penggeraknya. Penggunaan mesin dan teknologi canggih bisa memberi efisiensi biaya, waktu dan tenaga. Tetapi itu memberi dampak pada meningkatnya jumlah pengangguran. Industri modern tidak lagi menggunakan tenaga manusia sebagai tenaga utamanya. Sehingga lapangan kerja khususnya di bidang manufaktur dalam perindustrian tidak banyak.

2. Dampak Politik

Meningkatnya pengangguran akibat pengaplikasian teknologi dan digitalisasi pada industri membuat keadaan politik di suatu negara tentu akan berubah. banyaknya rakyat atau masyarakat yang menganggur menyisakan permasalahan sendiri bagi pemerintah. Mau tidak mau pemerintah harus bisa menjalankan kebijakan politik yang menyejahterakan masyarakat.

3. Dampak Ekonomi

Meskipun penggunaan revolusi industri 4.0 memberikan banyak pengaruh positif bagi ekonomi. Tetapi ternyata revolusi industri ini juga memberi dampak yang tidak baik di bidang ekonomi. Seperti apa dampaknya? Bisa anda bayangkan bahwa sebuah industri harus mengeluarkan dana yang tidak sedikit untuk implementasi revolusi industri 4.0.

Untuk mengubah dari model industri sebelumnya menuju revolusi industri 4.0 tentu juga beresiko menyebabkan kerugian. Terutama pada investasi teknologi yang digunakan sebelum beralih ke teknologi industri 4.0.

Mengatasi Dampak Revolusi Industri 4.0

Mengetahui tentang apa itu revolusi industri 4.0 dan dampaknya baik positif maupun negatif sangat penting. Bagaimanapun sebuah revolusi pasti akan mengakibatkan dua dampak; positif dan negatif. Sebaiknya kita harus memperhatikan serta mengantisipasi bagaimana cara agar revolusi industri 4.0 tidak berdampak buruk bagi kita. Sehingga nantinya kita bisa mengatasi dampak revolusi industri 4.0.

Sebaiknya mulai dari sekarang mempersiapkan diri agar tidak terkena dampak buruk industri 4.0. ada beberapa hal yang bisa anda siapkan untuk menghadapi gelombang revolusi industri 4.0. Apa saja yang harus dipersiapkan?

Pertama yang disahkan hal adalah meningkatkan kualitas diri. Sumber daya manusia tidak boleh kalah dengan teknologi kepintaran buatan. Oleh karena itu sumber daya manusia harus ditingkatkan. Mulai dari meningkatkan kemampuan, skill, pengetahuan, hingga mampu untuk mengoperasikan peralatan teknologi canggih. Jika tidak meningkatkan sumber daya manusia maka sudah dapat dipastikan akan terkena dampak negatif industri 4.0. Tapi jika memiliki skill yang mumpuni maka anda bisa ikut aktif ambil bagian dalam industri 4.0.

Hidup di zaman yang serba digital dan mengandalkan teknologi canggih sangat penting bagi kita untuk mengetahui apa itu revolusi industri 4.0. Tak terkecuali beserta dampak dan cara mengatasinya. Karena itu membuat kita lebih siap dalam menghadapi perubahan industri yang begitu cepat dan masif.

Mari Langganan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *