Gabung & dapatkan informasi terbaru seputar website

Pengertian SSD dan HDD serta Perbedaannya

Tidak sedikit peselancar dunia maya yang mencari penjelasan mengenai pengertian SSD dan HDD serta Perbedaannya. Ternyata, masih ada orang merasa kebingungan sehingga tak bisa membedakan antara keduanya. Kedua perangkat tersebut sama-sama digunakan untuk menyimpan data. Namun ada perbedaan cukup mencolok.

Pengertian SSD dan HDD serta Perbedaannya
Pengertian SSD dan HDD serta Perbedaannya

Pengertian SSD dan HDD

HDD ialah singkatan dari Hard Disk Drive. Perangkat ini berfungsi sebagai tempat menyimpan data dengan sistem berteknologi piringan hitam. Dilihat dari macamnya, terdapat 2 jenis yakni harddisk eksternal yang menempel di komputer dan satunya yakni internal harddisk sifatnya portable.

Sementara itu, SDD merupakan Solid State Drive. Perangkat ini muncul setelah HDD dengan metode yang canggih. Ia menyimpan data menggunakan sistem berteknologi flash memory sehingga jauh lebih modern dibandingkan generasi sebelumnya (harddisk).

Baik HDD dan SSD dapat difungsikan untuk menyimpan data-data penting seperti file, gambar, musik, dan video. Namun, terdapat banyak ketidaksamaan. Lalu, apa saja perbedaan antara kedua perangkat penyimpanan tersebut?

Baca Juga : Perbedaan Shared Hosting, Cloud Hosting, VPS dan Dedicated Server

Perbedaan Antara SSD dan HDD

Meskipun 2 perangkat ini memiliki fungsi yang sama, namun terdapat perbedaan mencolok antara SSD dan HDD. Salah satu penyebabnya ialah karena Solid State Drive hadir beberapa saat setelah harddisk sehingga memiliki sistem berbeda. Lantas, apakah ia menjadi lebih unggul?

1. Sistem Kerja Perangkat

HDD memiliki sistem kerja yang berbeda dengan SSD. Ia menggunakan teknologi mekanik untuk membaca serta menulis data dan menggunakan teknologi elektronik saat mengolah data. Prinsip kerja ini sungguh berbeda dengan Solid State Drive.

Seluruh sistem kerja SSD menggunakan elektronik, mulai dari pembacaan hingga pengolahan data. Ia sama sekali tidak memakai sistem mekanik yang sebelumnya ditemukan pada HDD. Ini sedikit lebih canggih karena saat pemrosesan, tidak ada bagian bergerak sehingga lebih praktis.

2. Berat dan Ukuran

Ukuran HDD jauh lebih besar dibandingkan dengan SDD. Ini dikarenakan sistem teknologinya berasal dari piringan sehingga perusahaan akan kesulitan apabila diminta membuat dalam ukuran mini. Sayangnya, bentuk tersebut cukup merepotkan karena terasa berat jika dibawa kemana-mana.

Sementara itu, SDD berukuran sekitar 2,5 inci. Karena bentuknya yang mini, ia tak bisa digunakan pada komputer. Umumnya, perangkat kecil ini dipakai pada notebook atau laptop. Karena ukurannya small, benda ini praktis dibawa. Namun, berhati-hatilah karena susah menemukan jika hilang.

3. Kecepatan Baca

Bicara soal kecepatan baca, HDD dan SDD mempunyai perbedaan yang sangat mencolok. Jika menginginkan speed fantastis, sebaiknya gunakan Solid Disk Drive. Perangkat ini dipercaya mampu membaca data 8 kali lebih cepat dibanding harddisk. Untuk hasil memuaskan, jangan ragu menggunakan SSD.

Lalu bagaimana kecepatan HDD? Perangkat tersebut dapat membaca serta mengolah data dengan baik. Namun, tidak secepat Solid Disk Drive. Tentu itu hal wajar. sebab hadir setelah harddisk sehingga sistem lebih canggih. Selain penjelasan SSD dan HDD, poin ini harus dipahami.

4. Harga

Harga HDD tergolong jauh lebih murah dari SDD. Ini bisa jadi pilihan terbaik untuk Anda yang ingin hemat. Sebab, dengan anggaran yang sama pembeli bisa mendapatkan 1TB harddisk dan 250GB untuk SDD. Terlihat jelas bahwa perangkat berteknologi full elektronik tersebut cukup mahal.

Mahalnya SDD tersebut bukan tanpa sebab. Ia hadir dengan segala kecanggihan dan kecepatannya kilat. Tentu saja ini sebanding dengan keunggulannya. Kini Anda bebas memilih antara ekonomisnya harddisk atau Solid Disk Drave yang mahal tapi cepat.

5. Efek yang Ditimbulkan

Selain memberikan manfaat untuk menyimpan data, ternyata ada dampak yang diberikan oleh HDD. Perangkat ini sedikit menimbulkan suara berisik. Adanya efek tersebut disebabkan ia menggunakan sistem mekanik. Sementara itu, SDD lebih kalem karena hampir tidak menimbulkan kebisingan apapun.

Efek lainnya adalah HDD cepat panas. Ini jauh berbeda dengan SSD yang tidak mengalami kenaikan suhu. Dampak pada harddisk tersebut wajar karena adanya sistem mekanik di dalamnya. Setiap perangkat tentu memiliki kekurangan dan kelebihan, bukan?

Nah, itulah sedikit penjelasan mengenai Pengertian SSD dan HDD serta Perbedaannya. Kini Anda bebas menentukan pilihan, ingin membeli harddisk dengan harga super ekonomis atau Solid Disk Drive yang terkenal cepat dan praktis dibawa.

About the Author: darhostmedia

Darhostmedia merupakan penyedia layanan Hosting dan Domain untuk personal, institusi, maupun pemerintahan. Kami berkomitmen untuk terus meyediakan layanan terbaik dan juga harga yang terjangkau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *