Pengertian Website, Jenis dan Manfaat bagi Setiap Pengguna

Hampir setiap hari pengguna internet dihadapkan pada suatu bentuk interaksi terhadap platform dunia maya, mulai dari aplikasi berbasis web, desktop, mobile dan sebagainya. Dalam hal ini khususnya pengertian website, jenis dan manfaat penggunaannya bagi user untuk rentang segala usia.

Pengertian Website, Jenis dan Manfaat bagi Setiap Pengguna
Pengertian Website, Jenis dan Manfaat bagi Setiap Pengguna

Pengertian Website

Website dapat diartikan sebagai sekumpulan halaman dengan domainnya masing-masing yang dibuat dan digunakan untuk tujuan tertentu. Ini sifatnya saling berhubungan serta dapat dikunjungi oleh banyak orang dalam skala global, dengan perantara sebuah browser disertai pengetikan alamat URL.

Dapat diketahui ketika berperan sebagai pengunjung, pada website tertera berbagai informasi dari berbagai bidang pada halamannya. Disertai berbagai menu-menu lain yang dapat dilihat dan berisi macam-macam penjelasan sebuah kepentingan, baik sifatnya umum maupun khusus.

Browser sebagai perantara untuk mengunjungi website sangat diperlukan karena melalui pengetikan alamat url, pengguna akan diarahkan pada sebuah situs dari sekian banyaknya. Selain itu, dengan dilengkapi domain akan dapat diketahui tujuan pembuatan web tersebut seperti .gov untuk pemerintahan.

Jenis-jenis Website

Jumlah web sangat banyak sekali jumlahnya hampir tiap-tiap Negara memiliki berbagai situsnya masing-masing dan dapat diakses oleh banyak pengguna. Ada website yang dibuat untuk tujuan pendidikan, jual beli, forum komunitas, tutorial belajar, kepentingan militer, pemerintahan, social media dan lain-lain.

1. Website Online Shop

Perkembangan e-commerce turut menyertai perannya di dunia maya. Melalui hadirnya toko yang bersifat daring. Transaksi jual beli secara online sudah bukan menjadi hal baru lagi, bahkan mempengaruhi daya beli masyarakat terkait efisien, mudah, praktis dan tidak perlu repot-repot datang langsung ke toko.

Selain menyediakan produk secara daring, user juga diberikan banyak pilihan berbelanja berbagai jenis barang. Website toko online menyediakan deskripsi terkait tampilan berupa gambar dan informasi tekstual yang dapat dimengerti. Mulai dari pemesanan, pembayaran dan pengiriman juga disediakan.

2. Website Personal / Pribadi

Pengertian website, jenis dan manfaatnya untuk memperkenalkan informasi terkait data, aktivitas serta diari pemilik web atau penulis konten. Pada umumnya bersifat curhatan, pengalaman nyata dari seseorang hingga disampaikan melalui situs agar mendapat respon atau sekedar menjadi bahan bacaan.

Konten di dalamnya dapat berupa pemberitahuan terhadap orang lain mengenai apa yang mereka alami atau persis seperti dialami pengunjung lain, lalu muncul interaksi hingga timbul rasa ingin berdiskusi lebih jauh. Memiliki website pribadi selain bermanfaat bagi diri sendiri juga untuk orang lain.

3. Website Pendidikan

Situs daring ini bersifat mengedukasi tidak hanya sebatas untuk pelajar, mahasiswa, guru, dosen dan orang-orang di instansi pendidikan saja, melainkan dapat ditujukan juga bagi masyarakat umum. Sebab sifatnya yang dapat diakses oleh banyak orang tidak diragukan lagi dalam memberikan wawasan.

Website dalam bidang pendidikan dapat dilihat penggunaannya mulai dari TK sampai Perguruan Tinggi. Masing-masing sekolah, kampus dan institusi pendidikan lainnya memiliki situs tersendiri. Selain itu, adanya situs belajar online membantu belajar dimana saja, kapan saja tanpa terbatas tempat dan waktu.

4. Website Sosial Media

Ada pula situs interaktif yang menghubungkan antara satu orang dengan pengguna lain dalam suatu platform dengan nama sosial media. Hampir sudah menjadi rutinitas keseharian bagi masing-masing user memiliki pertemanan, perkumpulan, percakapan dan kegiatan lain sifatnya publikasi.

Jumlah website sosial media juga ada banyak sekali mulai berupa aplikasi berbasis web, forum dan komunitas resmi yang memiliki situsnya sendiri. Tujuannya adalah bagaimana membangun sebuah perkumpulan dalam menyampaikan informasi, kegiatan, bahkan memasarkan produk dagangan.

Manfaat Penggunaan Website

Penggunaan website sudah menjadi bagian dari kebutuhan berselancar di dunia maya, apakah dalam hal mencari informasi, bersosial media, memasarkan produk kepada masyarakat luas dan berbagai aktivitas lain secara online. Beberapa kegunaan dari web adalah sebagai berikut:

  • Sebagai media penyampai informasi berguna bagi para pengunjung.
  • Sebagai media pemasaran produk dan jasa secara online, baik dalam skala kecil, menengah, hingga besar baik lingkup lokal maupun global.
  • Sebagai identitas bagi suatu instansi pada berbagai bidang khususnya dalam memperkenalkan sekolah, kampus, tempat wisata, perusahaan dan lain-lain.
  • Memberikan interaksi sosial secara daring pada semua pengguna, baik secara nasional maupun internasional.

Bila diamati pengertian website, jenis dan manfaatnya memiliki keragaman definisi tersendiri, namun pembahasan ini lebih bersifat umum agar dapat dimengerti terkait kegiatan berinteraksi dengan web.

Mari Langganan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *