Apa Itu Backlink? Ini Cara Dapatkan Backlink Berkualitas untuk Website

Backlink adalah salah satu unsur penting yang bisa menentukan peringkat sebuah website di halaman mesin pencari. Bagi Anda yang belum mengerti apa itu backlink sangat penting untuk mengetahuinya. Khususnya Anda yang berkecimpung di dunia internet marketing. Sebab backlink akan membantu situs web anda berada di posisi teratas mesin pencari.

Apa Itu Backlink
Apa Itu Backlink

Istilah backlink tentu bukan sesuatu yang asing bagi Anda yang sudah mengenal SEO. Backlink merupakan bagian dari SEO itu sendiri. SEO atau Search Engine Optimization merupakan sebuah teknik untuk mengoptimasi sebuah web agar mendapat peringkat di halaman pertama mesin pencari.

Pengertian Backlink

Apa itu backlink? Backlink merupakan link yang khusus dipasangkan pada sebuah website atau blog yang akan mengarahkan pada halaman blog atau situs web Anda. Cara kerja backlink sebenarnya sederhana. Meskipun sederhana, backlink adalah salah satu aspek yang sangat penting untuk meningkatkan nilai sebuah website di dalam mesin pencari.

Proses membangun sebuah backlink di website disebut juga sebagai link building. Dalam proses membangun backlink ini terdapat istilah external link dan inbound link. Dari kedua istilah tersebut ada yang namanya pemberi backlink serta penerima backlink. Pemberi backlink adalah orang yang meletakkan link website orang lain pada website miliknya. Sementara penerima backlink ialah orang yang websitenya memperoleh link dari orang yang memberi backlink.

Fungsi Backlink

Setelah mendapat penjelasan mengenai apa itu backlink, Anda juga harus mengetahui seberapa pentingnya sebuah backlink bagi website. Berikut ini adalah beberapa alasan backlink sangat penting untuk website.

1. Membantu Mesin Pencari Menemukan Website

Dengan backlink, mesin pencari seperti Google akan mudah dalam menemukan halaman website milik anda. Sebab mesin pencari selalu melakukanpergerakan yang progresif untuk menemukan website yang sesuai dengan kata kunci tertentu.

2. Meningkatkan Trafik Pengunjung Website

Backlink memiliki fungsi yang amat penting yaitu membantu website agar mudah ditemukan oleh mesin pencari. Kalau mudah ditemukan oleh mesin pencari populer seperti Google maka sudah pasti halaman website Anda ada di barisan teratas di halaman pertama Google. Mesin pencari akan menilai website anda sebagai website bagus jika anda bisa membangun backlink yang berkualitas juga. Hal tersebut dapat meningkatkan traffic pengunjung pada website milik anda.

Selain dari hasil pencarian di mesin pencari Google, peningkatan trafik pengunjung ke website Anda bisa juga dari backlink yang dipasang di website orang lain. Apalagi jika website memberi link tersebut memiliki reputasi yang tinggi. Maka akan ada peningkatan jumlah pengunjung pada website anda.

Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas untuk Website

Untuk membuat website memiliki reputasi bagus dan memiliki traffic yang tinggi, maka anda harus mendapatkan backlink yang berkualitas untuk website. Berikut adalah beberapa cara mendapatkan backlink berkualitas.

1. Jadikan Website Memiliki Kredibilitas Tinggi

Cara pertama untuk mendapatkan backlink berkualitas ialah dengan memasang link pada website yang sudah memiliki reputasi yang bagus. Dalam hal ini website yang memiliki reputasi bagus disebut sebagai pemberi backlink.

Pemberi backlink tidak akan memberikan kepada Anda atau penerima backlink, jika website anda tidak memiliki kredibilitas tinggi. Jadi sebaiknya, pertama Anda harus membuat situs web anda menjadi sebuah situs yang kredibel.

Baca juga : Pengertian Website, Jenis dan Manfaat bagi Setiap Pengguna

2. Isi Blog dengan Konten Solutif

Untuk menjadikan website atau blog menjadi kredible, Anda bisa mengisinya dengan konten yang solutif. Maksudnya konten tersebut bisa menjadi solusi bagi pembaca
Membuat Konten Unik

Apa itu backlink berkualitas? Website berkualitas bisa anda dapatkan dengan membuat konten yang unik di dalam website anda. Buatlah konten yang belum pernah dibuat oleh kebanyakan orang.

3. Membuat Konten Infografik

Infografik membantu anda untuk meningkatkan jumlah pengunjung website. Sebab biasanya pengunjung malas jika harus membaca artikel yang panjang. Membuat konten infografik bisa dijadikan ada solusi agar orang lain lebih tertarik pada website anda.

4. Menggunakan Tools untuk Backlink

Gunakan tools untuk mendapatkan backlink berkualitas salah satunya adalah Ahrefs. Tools ini bisa gunakan untuk mencari backlink berkualitas.

Itulah informasi mengenai apa itu backlink serta cara mendapatkan backlink berkualitas untuk website. membangun backlink pada website atau blog akan meningkatkan kualitas blog itu sendiri serta dapat meningkatkan traffic pengunjung.

Mari Langganan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *