Gabung & dapatkan informasi terbaru seputar website

Pengertian SSL dan Fungsinya (Secure Socket Layer)

Beragam komponen pendukung jaringan internet saat ini sudah cukup lengkap. Sampai akhirnya koneksi internet bisa berjalan lancar dan diakses dari perangkat komputer, smartphone, sampai laptop. Namun, dari beberapa komponen koneksi internet ada istilah SSL yang ternyata penting diperhatikan dalam akses internet.

Pengertian dan Fungsi SSL (Secure Socket Layer)
Pengertian dan Fungsi SSL (Secure Socket Layer)

SSL dikatakan sebagai satu standar untuk mendapatkan komunikasi antara WWW client dengan WWW server. Untuk itu, dari sisi keamanan hingga enkripsi yang cukup familiar untuk kebutuhan koneksi internet saat ini semakin mudah diakses hingga fitur browser juga lebih mudah dikembangkan.

Biasanya pengguna internet memiliki blog ataupun website yang mana istilah SSL ini banyak dikembangkan dengan beberapa protokol keamanan lebih maksimal. Karena itulah, dari protokol keamanan ini kita bisa melihat bagaimana cara kerja dari SSL hingga seperti apa fungsinya.

Baca jugaPerbedaan HTTP dan HTTPS Serta Fungsinya

Pengertian SSL

Mungkin selama ini Anda belum mengerti soal pengertian SSL yang kemudian bisa langsung dicermati sebagai modal utama untuk menghasilkan akses internet lebih tepat. Karena itu, hubungan antara koneksi internet hingga penggunaan algoritma masih terhubung dengan SSL. Sehingga dari sistem otentikasi memanfaatkan enkripsi juga masih dikembangkan di SSL.

Jika dilihat dari namanya, SSL kepanjangan dari Secure Socket Layer. Sedangkan arti umumnya SSL adalah satu protokol keamanan layer transport yang dipakai di setiap koneksi internet. Sedangkan fokus dari penggunaan SSL ini masih cenderung di sektor keamanan transmisi pesan di internet sehingga tidak heran penggunaan algoritma juga masih dikembangkan.

SSL sudah banyak dikenal sebagai sistem keamanan pengiriman data baik dari browser ataupun web server. Karena itulah peran penting dari SSL ini bisa dimanfaatkan untuk menjaga keamanan transmisi terutama pada saat Anda berselancar di internet secara bebas.

Sedangkan dari indikator lain juga menyebutkan bahwa SSL ini menjadi konstruksi sebuah website yang nantinya memberi banyak manfaat lengkap hingga akhirnya ada sejumlah hal baru membuat komponen pengembangan SSL semakin lengkap.

Baca juga : Penjelasan Domain: Pengertian, Jenis dan Manfaat lengkapnya

Fungsi SSL

Secara umum setiap transaksi data yang berlangsung secara online masih dibedakan menjadi dua tipe yakni mendapat enkripsi ataupun acak. Sistem transmisi yang sudah ditransformasikan masih menggunakan sistem otentifikasi password ataupun HTTP dasar.

Dari dua sistem otentifikasi tersebut sudah dianggap kuat, sehingga SSL masih sering digunakan meskipun sudah tersedia TCP. Ciri khas dari SSL ini adalah setiap password tidak dikirim dalam bentuk plainteks. Sehingga Anda pun lebih percaya soal keamanan dan fungsi SS.

Banyak informasi menjelaskan bahwa SSL ini menjadi salah satu tingkat keamanan hingga kepercayaan yang langsung dirasakan oleh setiap penggunanya. Tidak heran dari semua aktivitas browsing sudah mendapat tingkat keamanan terbaik yang saat ini terus memanfaatkan SSL.

Tersedia penawaran tingkat keamanan SSL yang mana bisa diandalkan sebagai syarat utama untuk membantu administrator untuk memaksimalkan keamanan data yang sudah dikelola. Adapun tingkat keamanan yang sudah diberikan oleh SSL seperti berikut ini.

1. Authentication

Pertama ada tingkatan keamanan dengan sistem authentication yang mana menggunakan sistem ini setiap user bisa memastikan pesan yang diterima dari seseorang yang kredibel. Mungkin cukup sulit untuk memastikan apakah surat email ataupun data dari SSL diberikan oleh user kredibel.

Karena itu, dengan fitur keamanan authentication ini semua kebutuhan soal kepastian pesan yang diterima berasal dari user terpercaya masih mudah didapatkan oleh setiap user SSL.

2. Integrity

Berikutnya ada sistem keamanan integrity dari SSL yang mana mengandalkan sistem ini bisa mendapat kepastian bahwa pesan yang dikirimkan adalah pesan asli. Kemudian tidak ada perubahan data selama perjalanan pengiriman, sehingga integrity ini dikatakan lebih tepat dan bisa diandalkan agar tidak ada informasi yang bocor di tengah jalan.

Beberapa kendala dalam mengirim pesan ataupun menerima pesan masih cenderung adanya perubahan konten di dalamnya. Meskipun sekarang sudah jarang terjadi karena penggunaan SSL, tetap saja Anda perlu memanfaatkan sistem integrity di SSL agar tidak mengalami banyak masalah.

Setiap jumlah sistem keamanan terbaik di SSL pastinya memiliki banyak pengertian lebih luas, sampai akhirnya penggunaan SSL ini sering dijadikan sebuah momen penting agar semua sistem keamanan browsing ataupun dari akses website jadi lebih baik.

Darhostmedia menyediakan SSL gratis pada setiap pembelian seluruh paket hosting. Selain itu, Darhostmedia menyediakan juga SSL sertifikat premium murah dengan kualitas keamanan yang tinggi.

About the Author: darhostmedia

Darhostmedia merupakan penyedia layanan Hosting dan Domain untuk personal, institusi, maupun pemerintahan. Kami berkomitmen untuk terus meyediakan layanan terbaik dan juga harga yang terjangkau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *