Ini Dia Pengertian NVMe dan Keunggulannya yang Harus Anda Ketahui

Sudahkah Anda mengetahui salah satu teknologi SSD terbaru dan canggih saat ini? Jika belum, maka kini pembaca harus memahami berbagai informasi tentang pengertian NVMe dan keunggulannya.

Pengertian NVMe dan Keunggulannya
Pengertian NVMe dan Keunggulannya

Pengertian dari NVMe

NVMe atau Non-Volatile Memory Express adalah sebuah interface logical yang merupakan seri pengembangan terupdate dari standard AHCI. Dalam dunia storage, ia disebut sebagai teknologi terbaru dengan utilitas PCLe 3.0 layaknya kartu grafis.

NVMe dibuat untuk mengatasi masalah limitasi kecepatan dari seri sebelumnya. Untuk itu, teknologi ini menggunakan PLCe agar mendapat bandwidth yang besar hingga 4 GBps. Dengan ukuran tersebut, ia bahkan mampu menampung SSD tercepat.

Pengembangan SSD NVMe ini juga telah didukung oleh lebih dari 80 perusahaan dari berbagai industri. Mereka saling bekerjasama untuk menciptakan sebuah teknologi canggih terbaru yang mampu memenuhi kebutuhan masyarakat akan kecepatan pemrosesan data.

Baca juga : Pengertian SSD dan HDD serta Perbedaannya

Keunggulan dari NVMe Dibandingan Seri SSD Sebelumnya

Non-Volatile Memory Express kini menjadi salah satu SSD unggulan yang digunakan oleh banyak orang. Perangkat tersebut memiliki jenis memori mirip RAM dan mampu membangun kecepatan data secara maksimum.

Generasi SSD terbaru ini juga memiliki banyak upgrade fitur yang membuatnya memiliki banyak kelebihan dari seri-seri sebelumnya. Berikut adalah beberapa keunggulannya:

1. NVMe Memiliki Kecepatan Transfer Data yang Juara

Seperti yang telah dikemukakan di atas, teknologi PLCe memungkinkan Non-Volatile Memory Express atau NVMe untuk memiliki kecepatan tinggi dalam transfer data. Ia bahkan memiliki speed mencapai 5 kali lipat dari jenis SSD biasa.

Hal tersebut juga berarti bahwa NVMe 25 kali lebih cepat daripada HDD. Bagi Anda yang kerap memiliki masalah dengan kecepatan transfer data, teknologi satu ini tentunya akan sangat membantu.

2. NVMe Mampu Memproses Jumlah Command yang Lebih Banyak

Perbedaan NVMe dengan SSD biasa terlihat pada pemrosesan jumlah antrian commandnya. Pada seri regular, 1 jalur antri hanya menampung 32 perintah. Namun melalui Non-Volatile Memory Express, kapasitas tampungan tersebut bisa bertambah hingga menjadi 64 ribu per Q.

Peningkatan drastis dari NVMe tersebut sangat cocok untuk hardisk yang harus memutar piringannya untuk mencari data. Selain itu, speed upgrade ini tentunya juga dapat mengoptimalkan perintah antrian dan membuat performa laptop Anda menjadi lebih baik.

3. NVMe Memiliki Sistem Manajemen Antrian yang Baik

Selain dapat menampung jumlah command yang optimal, NVME juga mampu mengelola banyaknya antrian tersebut dengan baik. Bahkan, teknologi ini bisa menerima beberapa perintah dari inti prosessor serta melakukan pemrioritasan permintaan.

Dengan manajemen sistem antrian yang baik, semua bentuk perintah dengan jumlah sebanyak apapun dapat terkoordinasi dengan teratur.

4. NVMe Memiliki Serial Bus Lebih Cepat

Melalui dukungan teknologi PLCe, NVMe memiliki serial bus yang lebih cepat dibandingkan SSD biasa. Ia mampu menembus speed tinggi hingga mencapai 3500 MB per second dengan menggunakan konektor M.2 PCle x 4.

Kecepatan tersebut tentunya menjadi sebuah solusi yang lebih baik atas problem limitasi speed yang dimiliki oleh SSD seri-seri sebelumnya.

5. NVMe Memiliki Harga yang Sesuai dengan Kualitasnya

Walaupun tergolong lebih mahal dari SSD biasa, tetapi NVME memiliki harga cukup sesuai dengan kualitas yang akan Anda peroleh. Teknologi ini biasa dijual di pasaran mulai dari Rp. 600.000 hingga Rp. 2.000.000, tergantung merk dan kapasitasnya.

Dengan harga tersebut, performa dari teknologi Anda akan memiliki kecepatan transfer yang lebih cepat dan mampu menampung banyak command. Hal itu tentunya membuat pengeluaran sebanding dengan manfaat produk.

6. NVMe Didukung Oleh Motherboard Baru

Motherboard terbaru saat ini sudah banyak yang mendukung format SSD NVMe melalui M.2. Bahkan, teknologi tersebut dapat diatur agar mampu berjalan pada mode RAID 0 guna memperoleh performa hingga 2 kali lipat.

Selain itu, ukuran dari SSD NVME ini juga sejajar dengan motherboard dan berbentuk ramping. Sehingga penempatan teknologi tersebut pada komputer akan sangat efisien atau tidak memakan banyak tempat.

Itulah beberapa informasi tentang pengertian NVMe dan keunggulannya. Semoga ulasan di atas dapat membantu Anda memilih upgrade SSD yang tepat.

Mari Langganan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *